Tips Diet Cepat

Cara Diet Sehat, Cepat dan Alami

Manfaat Minum Air Putih

manfaat air putihMANFAAT AIR PUTIH | KOMPOSISI AIR DALAM TUBUH MANUSIA | BAHAYA KURANG MINUM AIR

Berapa liter air putih yang Anda minum setiap harinya? Banyak orang yang di dalam dietnya sehari-hari kurang minum air putih tetapi tidak menyadarinya. Ada pula orang yang hanya minum air putih di saat makan 3 kali sehari.  Bahkan ada yang tidak suka minum air putih, hanya menyukai minuman “berwarna” seperti teh, kopi, jus atau softdrink. Apakah Anda tahu manfaat air putih yang sangat vital bagi tubuh manusia?

Mari kita lihat komposisi air di dalam tubuh manusia. Di beberapa organisme makhluk hidup, air mengisi sampai dengan 90% dari berat badan utuh. Tubuh manusia sendiri terdiri dari 60% air, otak manusia terdiri dari 70% air, dan paru-paru manusia terdiri dari 90% air. Massa otot manusia tanpa lemak (lean muscle tissue) terdiri dari 75% air, lemak tubuh terdiri dari 10% air, dan tulang terdiri dari 22% air.

Lalu bagaimana dengan darah manusia? Supaya tetap normal komposisinya (tidak mengental), bisa membawa oksigen ke seluruh organ tubuh, membantu melancarkan pencernaan, membawa sisa metabolism ke ginjal untuk disaring dan mengontrol suhu badan, darah harus mengandung 83% air. Untuk menjaga agar badan bisa berfungsi maksimal dan sehat, sedikitnya Anda harus mengkonsumsi 2 liter air atau 8 gelas per hari untuk menjaga kadar air tubuh supaya tetap pada persentase normal.

Menurut  Dr. Jeffrey Utz, Ahli Syaraf dan Spesialis Anak di Allegheny University, setiap orang mempunyai kadar air tubuh yang berbeda-beda. Seorang bayi memiliki kadar air 78% di saat lahir dan persentase ini turun menjadi 65% pada saat usia 1 tahun. Pada pria dewasa, kadar air yang normal adalah 60%. Sedangkan pada wanita adalah 55%. Hal ini dikarenakan massa otot berlemak menyimpan air lebih sedikit daripada massa otot tanpa lemak. Pada wanita, ditemukan lebih banyak massa otot yang berlemak. Sehingga dapat dirangkum sebagai berikut:

  • Bayi dan anak-anak memiliki kadar air lebih tinggi daripada dewasa.
  • Wanita memiliki kadar air lebih rendah daripada pria.
  • Orang dengan kadar lemak tinggi memiliki kadar air lebih rendah.

Lalu apakah yang terjadi jika tubuh kekurangan air? Apakah kurang minum air putih dapat membahayakan kesehatan? Jawabannya adalah YA. Air dalam tubuh selain berfungsi seperti yang telah disebutkan sebelumnya, juga berfungsi sebagai pelarut berbagai nutrisi, mineral dan vitamin di dalam tubuh agar dapat terserap di dalam usus. Pada saat kekurangan air, tubuh kita akan mengambil air mulai dari dalam darah karena darah mengandung 83% air, sehingga menyebabkan pengentalan darah. Darah yang kental tidak dapat mentransport oksigen dengan baik ke seluruh tubuh, akibatnya tubuh menjadi letih, lesu, dan sering terserang sakit kepala. Selain dari darah, tubuh kita akan mengambil air juga dari otak karena menganding 70% air sehingga terjadi pengecilan volume otak. Jika tidak segera memperbaiki diet dengan minum banyak air, maka bisa terjadi juga gangguan ginjal karena ginjal bekerja terlampau keras untuk menyaring racun.

Di dalam program turun berat badan, air putih bermanfaat sebagai penahan lapar alami. Pada  umumnya, kita salah menafsir rasa haus sebagai rasa lapar karena kita sedang menjaga asupan kalori yang masuk. Selain itu, air putih membilas lemak keluar dari dalam tubuh dan meringankan kerja ginjal pada saat detoksifikasi. Oleh sebab itu, perbanyak minum air putih agar program Anda berhasil dan tubuh menjadi lebih sehat. Jangan tunda untuk menjalani pola diet yang sehat dengan minum air putih minal 2 liter sehari!

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Comments are closed.

Subscribe to email feed

  • RSS
  • Delicious
  • Digg
  • Facebook
  • Twitter
  • Linkedin
  • Youtube